Saat kamu sudah yakin dan berkeinginan untuk belajar di Kampung Inggris Pare, ada baiknya kamu juga harus mencari tahu apa saja sih perlengkapan atau barang-barang yang dibutuhkan selama di sana nanti, baik itu meliputi pakaian, alat tulis dan berbagai macam lainnya.

Nah, supaya kamu tidak bingung saat disana ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu bisa dengan cara bertanya kepada teman yang sudah pernah belajar di sana, atau bisa juga browsing  melalui internet untuk mengetahui kondisi dan situasi di Kampung Inggris.

Karena sekarang ini kamu bisa dengan mudah mencari informasi melalui internet. Bukan hanya barang apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum pergi ke Kampung Inggirs, beberapa hal lain juga perlu kamu perhatikan.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat ke Kampung Inggris.

1. Ketahui Jadwal Pembukaan Murid Baru

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum berangkat ke Kampung Inggris adalah kamu harus mencari tahu dulu jadwal pembukaan murid baru. Karena di Kampung Inggris ini memiliki 2 periode. Yaitu periode 10 dan 25. Artinya kelas hanya dibuka pada tanggal 10 dan 25 tiap bulannya.

Namun karena hal-hal tertentu kelas juga bisa dibuka lebih cepat maupun lebih terlambat dari tanggal yang telah ditentukan. Hal itu dikarenakan tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal merah ataupun hari libur nasional dimana semua kelas ditiadakan.

Setiap periode berlangsung selama 2 minggu. Setiap minggu ada 5 hari waktu belajar. Setiap hari ada beberapa kali pertemuan tergantung kelas apa saja yang akan kita pilih.

Dianjurkan untuk datang 2 hari lebih awal dari hari mulai belajar selain kita memiliki waktu istirahat, kita juga bisa beradaptasi dengan lingkungan dan keadaan sekitar. Setelah tau waktu yang tepat, kamu juga harus mencari tempat kursus yang tetap yang sesuai dengan keinginan kamu.

Ada ratusan tempat kursus yang disediakan di Kampung Inggris, untuk meyakinkan kamu bisa menelfon beberapa temat kursusnya terlebih dahulu sebelum mendaftar.

2. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Jangan bawa barang terlau banyak. Perlu diingat, Kampung Inggris ini ada tempat belajar yang sifatnya sementara.

Berbeda dengan ketika kita ingin merantau untuk kuliah. Selain waktu yang kita ambil hanya sebentar, tempat tinggal kitapun terbatas. Bawalah barang-barang penting saja yang akan dipakai untuk kebutuhan kita sehari-hari seperti baju sehari-hari, peralatan mandi dan obat-obatan pribadi.

3. Menyiapkan Buku dan Peralatan Tulis

Menyiapkan Buku dan Peralatan Tulis

Menyiapkan Buku dan Peralatan Tulis

Hal yang paling penting saat ingin belajar adalah membawa buku dan peralatan tulis. Di tempat kursus tidak disediakan peralatan tulis, meski banyak warung yang menjual buku dan peralatan tulis ada baiknya kita telah menyiapkan itu semua dari rumah supaya kita bisa mencatat hal apa saja yang kita dapatkan saat sampai di Kampung Inggris.

Karena Kampung Inggris adalah kampung sejuta ilmu maka sangat sayang jika kita tidak bisa memaksimalkan diri kita saat berada di Kampung Inggris.

4. Membawa Tas Agak Besar

membawa tas yang agak besar

membawa tas yang agak besar

Bawalah tas yang sedikit besar. Sebisa mungkin sisakan sedikit space atau ruang penyimpanan di dalam tas atau koper kita saat ingin berangkat ke Kampung Inggris.

Hal ini dikarenakan saat kita akan kembali ke rumah setelah selesai belajar dari Kampung Inggris, bisa dipastikan tas kita kan menjadi penuh dengan beberapa buku dan kertas-kertas.

Kamu pasti akan banyak mencatat dan akan banyak membeli buku untuk menunjang kegiatan belajarmu disana. Selain itu disana banyak toko buku yang menjual buku dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga buku yang dijual di toko buku besar.

Kalau kamu penggemar baca buku, sudah dipastikan kamu tidak akan melewatkan berbelanja buku di Kampung Inggris, akibatnya tas kamu akan dipenuhi dengan berbagai macam buku. Selain itu beberapa tempat kursus juga akan memberikan catatan dalam kertas ataupun soal-soal yang bisa kamu pelajari lagi saat berada dirumah.

Untuk itu jangan lupa untuk membawa tas atau koper yang sedikit lebih besar atau bawalah tas tambahan untuk membawa buku-buku dan catatan belajarmu. Bukan hanya buku, bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh tas itu bisa sangat berguna loh untuk membawa oleh-olehmu untuk teman-temanmu dirumah.

5. Membawa Sepatu Olahraga

membawa sepatu olahraga

membawa sepatu olahraga

Sepatu olahraga, seperti di beberapa daerah lainnya, di Kampung Inggrispun juga menyelenggarakan Car Free Day (CFD) setiap minggunya hari dimana salah satu jalan raya ditutup untuk digunakan sebagai tempat olah raga ataupun tempat berbelanja.

Lokasi CFD ini berada di sepanjang jalan JP Sudirman Pare, jalanan akan ditutup mulai dari pukul 06.00 – 09.00. Bukan hanya kamu bisa olahraga, kamu juga bisa wisata kuliner ataupun belanja disini. Acara ini selalu dipadati dengan pengunjung.

Kamu akan bertemu banyak murid dari tempat kursus lainnya. Jadi gak ada salahnya membawa sepatu olahraga, lumayan kan bisa dipakai saat CFD.

6. Menyiapkan Perlengkapan Traveling

Menyiapkan Perlengkapan Traveling

Menyiapkan Perlengkapan Traveling

Perlengkapan traveling. Bagi kamu yang suka sekali traveling jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan travelingmu.

Bisa jadi saat waktu liburan kamu berencana untuk pergi ke Gunung Bromo, Malang atau ke Kawah Ijen, Banyuwangi atau hanya sekedar mampir di Gunung Kelud, Kediri.

Agar kamu tidak salah kostum saat ingin traveling, ada baiknya kamu telah mempersiapkannya dari rumah. Banyak sekali para murid yang menghabiskan waktu liburnya untuk traveling keluar kota, selain “mumpung” sedang di Kampung Inggris, biaya traveling ke beberapa tempat wisata dari Kampung Inggris pun sangat murah.

Banyak tour & travel yang menawarkan harga menarik bagi kita yang ingin traveling. Terutama bagi kalian yang rumahnya jauh atau berada di luar Pulau Jawa, kesempatan untuk traveling ini jangan sampai kamu lewatkan. Sambil menyelam minum air, sambil belajar sekalian traveling.

Selain beberapa barang diatas yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat menuju Kampung Inggris, hal yang paling utama kamu persiapkan adalah niat.

Pertama kamu harus niatkan dulu tujuan kamu ke Kampung Inggris adalah untuk mendapatkan ilmu. Karena kalau dari awal saja sudah tidak memiliki niat, bukannya mendapatkan ilmu tapi malah membuang-buang biaya dan tenaga. Dan juga jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap moment yang kamu lakukan disana bersama dengan banyak teman baru dari berbagai daerah ya.

Percaya deh suatu saat kamu akan merindukan untuk kembali lagi ke Kampung Inggris.

WhatsApp Chat