Jadwal FYP TikTok Terbaru Tiap Bulan Agar Cepat Viral !!

daftarkampunginggris.id Ketika sebuah konten masuk ke halaman FYP, itu berarti konten tersebut digemari banyak pengguna. Tapi ternyata, ada jadwal FYP TikTok, yang artinya di jam-jam tertentu, banyak konten yang berpotensi masuk sebagai video FYP.

Hal ini mendukung seorang pengguna untuk bisa memahami bagaimana sesuatu bisa menjadi tren di platform media sosial satu ini. Saat sudah mengetahuinya, maka di kemudian hari seorang pengguna dapat mengaplikasikannya agar kontennya semakin terkenal.

Apa Itu FYP TikTok?

Apa-Itu-FYP-TikTok

Berbicara soal FYP TikTok, sebenarnya apa itu FYP? For Your Page atau sering disingkat FYP adalah halaman khusus di aplikasi TikTok. Di halaman ini, nantinya akan muncul video-video di beranda TikTok pengguna lain.

Video yang muncul di FYP ini memang sangat acak, tetapi berdasarkan algoritma yang sudah diatur oleh pihak developer TikTok sendiri. Misalnya, seorang pengguna sering menyukai video-video memasak. Maka, FYP-nya akan sering menampilkan video yang berkaitan dengan memasak.

Pengguna aplikasi TikTok memang banyak yang menginginkan kontennya bisa masuk ke halaman FYP. Ini menjadi tujuan banyak orang karena penonton video FYP akan lebih banyak dibanding video biasa. Selain itu, kemungkinan mendapatkan likes dan komentar juga lebih banyak.

Bukan cuma itu, dengan mengikuti jadwal FYP TikTok dan masuk ke FYP, akan membuat seorang pengguna semakin terkenal. Dengan demikian, ia bisa memamerkan banyak hal dengan mudah melalui konten videonya karena akan dilihat oleh banyak orang.

Mengapa Video Bisa Menjadi FYP?

Mengapa-Video-Bisa-Menjadi-FYP

Bukan tanpa alasan kenapa sebuah video bisa masuk ke halaman FYP. Tentu ada alasan-alasan tertentu yang memang berkaitan dengan algoritma aplikasi itu sendiri, termasuk jadwal agar masuk FYP TikTok. Namun, ada beberapa alasan logis yang dapat diusahakan agar video bisa masuk FYP.

1. Kualitas

Faktor pertama adalah kualitas video. Dengan kualitas video tinggi, tentu akan lebih banyak pengguna yang tertarik menontonnya. Kualitas yang dimaksud di sini adalah resolusi video; Semakin jelas atau jernih video, maka semakin banyak penontonnya.

Kualitas video juga berkaitan dengan rasa nyaman pengguna lain ketika menonton. Mereka akan menyaksikan konten yang jelas, tidak kabur, tidak patah-patah, sehingga apa yang mau ditangkap dari isi video bisa dipahami dengan jelas.

2. Kategori Video

Sebuah video dapat menjadi FYP jika dibuat berdasarkan branding dari pengguna akun tersebut. Kategori video sendiri dapat bermacam-macam, bisa challenge, makan, tutorial, atau kategori lain dengan tujuan bervariasi.

Setiap kategori pasti akan menjaring penonton dengan preferensi berbeda-beda. Karena itu, penting bagi seorang content creator untuk memahami demografi penonton yang ingin didapatkan. Jadi, buatlah video sesuai dengan branding yang sudah dibentuk pada suatu akun.

3. Hook Video

Hook dikatakan sebagai salah satu komponen yang membutuhkan strategi lebih dalam membuatnya. Hal ini dapat menciptakan kesan pertama pada penonton, di mana akan memberi pengaruh apakah video akan ditonton sebentar saja, setengah-setengah, atau sampai habis.

Pemberian hook ini juga adalah faktor mengapa suatu konten bisa masuk FYP. Karena itu, sesuaikanlah hook dengan konsep konten videonya. Buat teaser yang menarik dan berbobot, agar penonton tertarik dan menonton video secara menyeluruh.

4. Konteks Video

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yakni kategori dan hook, konteks atau isi video juga berpengaruh besar terhadap masuk atau tidaknya suatu konten ke halaman FYP. Isi konten yang lebih disukai masyarakat biasanya konten yang sedang populer.

Pastikan bahwa konteks video juga tidak merupakan clickbait, atau sesuai dengan hook serta judul yang dipasang. Konsep juga harus dipikirkan dengan matang, agar konten populer yang dibahas tidak terasa monoton, tetapi unik dan natural.

5. Creator

Berikutnya adalah pengaruh dari creator-nya sendiri. Bila suatu creator sudah membangun akunnya sejak lama, maka video-videonya pun lebih mudah masuk FYP. Hal ini juga berlaku jika creator yang dimaksud memang seseorang populer, seleb, atau akun bercentang biru.

Karena mereka sudah populer dan memiliki banyak pengikut, secara otomatis video mereka juga selalu ditonton oleh lebih banyak orang dibandingkan creator yang memiliki followers lebih sedikit. Selain itu, para seleb juga sudah memahami bagaimana mereka mengatur konten agar masuk FYP.

6. Target Konten

Masih berkaitan erat dengan beberapa poin sebelumnya, sebuah konten memang harus dibuat dengan memperhatikan demografi atau kategori penonton yang menjadi target. Informasi ini dapat dilihat bila pengguna mengaktifkan fitur insight.

Perhatikan spesifikasi penonton-penonton video selama ini. Setelah mempelajari dan memahaminya, buatlah konten selanjutnya sesuai dengan demografi yang mendominasi. Dengan demikian, kemungkinan untuk masuk FYP juga semakin besar.

Penyebab Video Tidak Masuk FYP

Penyebab-Video-Tidak-Masuk-FYP

Selain itu, pengguna biasa mungkin bertanya-tanya, mengapa videonya sudah dibuat sekreatif mungkin, tetapi tidak juga masuk FYP? Mungkin karena di-upload tidak sesuai jadwal FYP TikTok? Atau alasan lain? Simak poin-poin berikut ini.

1. Tidak Disukai Viewers

Penyebab pertama mengapa sebuah video tidak masuk FYP adalah karena kontennya memang tidak disukai masyarakat. Konten bisa jadi tidak disukai karena memang tidak populer, terlalu asing, bahkan berkaitan dengan hal-hal negatif.

Konten yang mengandung konten negatif biasanya memiliki unsur berbahaya, menghina, atau konteksnya menyinggung SARA. Karena itu, lebih baik membuat konten ringan, unik, dan menarik, dibandingkan konten berat tetapi tidak disenangi oleh masyarakat.

2. Meniru Konten Orang Lain

Konten meniru sebenarnya tidak berbahaya. Bisa saja konten seperti ini sebenarnya terinspirasi dari suatu konten dan seorang pengguna ingin mengikuti tren yang ada. Tapi, ada kalanya suatu konten dianggap meniru dari ide, sehingga dikatakan sebagai plagiat.

Konten mirip yang mengikuti tren saja sering dianggap membosankan, apalagi konten plagiat yang jelas-jelas mencuri konsep orang lain. Memang sulit untuk membuat konten original, tetapi usahakanlah menciptakan konsep yang mungkin tidak original, tetapi dikemas dengan lebih menarik.

3. Tidak Di-Upload pada Waktu yang Pas

Faktor ini juga menjadi penyebab paling umum mengapa konten susah sekali masuk ke halaman FYP. Ketika tidak meng-upload konten sesuai jadwal FYP TikTok, maka video tersebut ‘mandek’ dan hanya ditonton oleh sebagian followers-nya saja.

Biasanya, ada jam-jam tertentu yang optimal, di mana orang-orang sedang memiliki banyak waktu senggang untuk membuka media sosial. Hari dan jam ini termasuk di akhir pekan, dan tentu saja hari biasa memiliki jam khusus yang ideal untuk mengunggah konten.

Jadwal FYP TikTok Bulan ini dan Strategi Postingnya

Jadwal-FYP-TikTok-Bulan-ini-dan-Strategi-Postingnya

Bagaimana sebenarnya algoritma masuk FYP bila melihat jadwal terkait hari dan jam upload? Berdasarkan pengamatan beberapa pengguna yang kontennya sering masuk FYP, berikut ini adalah kesimpulan jadwal upload yang optimal.

  • Awal pekan biasanya hari sibuk di mana orang-orang mulai bekerja. Tetapi biasanya pengguna akan membuka TikTok saat jam pulang kerja, pada sekitar pukul 18.00 WIB.
  • Tidak jauh berbeda dengan hari Senin, tapi hari Selasa lebih santai. Jadwal optimal untuk upload konten adalah pukul 11.00 – 13.00 WIB, serta di sore dan malam hari pukul 18.00 – 21.00 WIB.
  • Jadwal upload untuk hari ini mirip dengan Selasa. Jadi, pastikan bahwa posting-an diunggah di jam yang disarankan di atas.
  • Sudah mendekati akhir pekan, maka orang-orang akan lebih aktif di media sosial mereka. Rekomendasi jadwal FYP TikTok hari Kamis adalah pukul 10.00 – 13.00 WIB, dan sepulang kerja adalah pukul 18.00 WIB.
  • Pada hari ini biasanya rekomendasi jadwal sedikit berbeda, yakni dari pukul 15.00 WIB hingga hampir malam.
  • Sabtu dan Minggu. Upload konten kapan saja tidak masalah, tetapi lebih direkomendasikan mengunggah video dari pagi sampai sore saja.

Dengan mengikuti jadwal FYP TikTok di atas, kemungkinan sebuah video bisa masuk ke halaman FYP semakin besar. Tapi, tidak cuma berdasarkan jadwal, namun perhatikan pula faktor lain yang membuat video bisa masuk FYP.

 

Baca Juga :

9 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat Hanya Modal Rebahan!