Kampung Inggris, Pare berada di Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur adalah sebuah daerah yang khusus dijadikan kawasan edukasi untuk belajar Bahasa Inggris. Seperti namanya yang disebut “Kampung” namun suasanya jauh berbeda dari kampung yang kita bayangkan.

Meski Kampung Inggris berada jauh dari kota namun kamu jangan takut, karena di Kampung Inggris banyak toko yang menjual beberapa barang yang bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-hari. Di Kampung Inggris ini juga memiliki banyaksekali tempat makan yang enak dan juga banyak tempat nongkrong yang asik dan murah pastinya.

Jadi kamu jangan takut akan kelaperan ataupun mati gaya saat berada disini. Karena biaya hidup yang murah, jangan sampai kamu menghabiskan uangmu hanya untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan ya.

Untuk bisa menjaga uangmu supaya tetap tersimpan aman di dalam dompet, kamu bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

1. Jangan Simpan Uang Cash Terlalu Banyak di Dompet

Semakin banyak uang yang kamu bawa, semakin kamu tidak akan bisa mengontrol pengeluaranmu. Kamu bisa biarkan uangmu tersimpan di ATM supaya aman. Ambillah secukupnya saja uangmu untuk makan sehari-hari atau untuk membeli keperluanmu seperti sabun, shampi, pulpen, atau buku ketika kehabisan, dan sisanya kamu biarkan
tersimpan di dalam tabunganmu.

Hanya ada beberapa ATM yang terletak di jalanan utama, jadi bagi kamu yang tinggal di kosan atau camp yang letaknya lumayan jauh dari jalan utama dan kamu adalah tipe orang yang mager atau malas gerak, cara seperti ini ampuh untuk menyelamatkan uangmu.

Kamu akan menggunakan uang yang kamu punya di dompet dengan seminimal mungkin
dan hanya untuk keperluan-keperlun penting saja sampai kamu mengambil lagi uangmu yang ada di ATM.

Dengan kata lain kamu akan mengirit pengeluaranmu dan menahan untuk tidak membeli
barang-barang yang tidak diperlukan.

2. Makan Kenyang tanpa harus Mengeluarkan Banyak Uang

Untuk urusan makan, jangan takut kelaperan. Di Kampung Inggris ini banyak sekali warung nasi atau penjual makan yang menjual makanan dengan harga yang sangat murah dan lezat. Menu utama yang dapat dengan mudah kamu temukan di Kampung Inggris adalah nasi pecel.

Dengan hanya mengeluarkan uang 5000 rupiah, kamu sudah mendaatkan sebungkus nasi pecel beserta mi goreng yang bisa kamu jadikan sarapan di pagi haris sebelum berangkat kuliah. Siangnya, kamu bisa mampir ke warung makan yang menyediakan nasi sayur.

Harga yang ditawarkanpun bervariasi tergantung lauk yang kamu pakai. Harganya berskisar mulai dari 5000 rupiah sampai 20.000 rupiah.

3. Kurangi Nongkrong

Jika kamu suka sekali nongkrong atau hangout dengan teman, lakukanlah sekali atau dua kali dalam seminggu. Meskipun harga makanan atau minuman yang disediakan di cafe atau resto di Kampung Inggris terjangkau.

Tapi jika uangmu kamu pakai untuk hal-hal seperti itu setiap hari bukan tidak mungkin kamu akan mengalami krisis moneter saat berada di Kampung Inggris.  Atau jika kamu sedang benar-benar penat dan butuh hiburan, kamu bisa saja pergi ke cafe dengan teman-temanmu dan hanya membeli minuman.

4. Gunakan Sepeda Sebagai Kendaraan Pribadi

Banyak sekali rental sepeda dan motor yang disediakan di Kampung Inggris. Namun umumnya kendaraan yang digunakan para murid untuk pergi ke tempat belajar adalah dengan menggunakan sepeda.

Jarak kelas antara satu dengan yang lainnya yang berjauhan membuat kaki terasa lumayan pegal jika harus ditempuh dengan berjalan kaki. Sepeda adalah kendaraan yang paling banyak digunakan oleh para murid. Kamu bisa menyewa sepeda mulai dari harga 60.000 rupiah sampai harga 110.000 rupiah per/bulannya dilihat dari umur sepeda.

Biasanya untuk sepeda yang sudah lama dihargai 60.000 ribu – 70.000 rupiah, sedangkan untuk
sepeda baru yang baru dipakai beberapa kali saja diharga 80.000 ribu – 90.000 ribu rupiah. Dan
untuk sepeda yang benar-benar baru yang belum pernah dipakai oleh siapapun bahkan masih di
bungkus rapih biasanya dihargai sekitar 100.000 ribu – 110.000 ribu rupiah.

Sedangkan untuk sewa motor tarifnya lumayan mahal, untuk 1 minggu kamu harus membayar 300.000 rupiah dan jika kamu akan menyewa selama satu bulan kamu harus membayar 800.000 rupiah sampai 1.000.000 rupiah. Dari segi ekonomi, lebih baik menggunakan sepeda daripada menyewa motor.

Selain lebih boros memakai motor karena harus membeli bensin, menggunakan sepeda juga bisa menyehatkan loh hitung-hitung jadi olahraga setiap harinya. Jika kamu mau lebih menghemat lagi dengan menyewa sepeda, kamu bisa menyewa sepeda lama namun masih bisa dipakai dengan aman.

Sebelum kamu menyewa, pemilik sepeda akan mengecek kondisi sepeda dahulu sebelum diberikan
ke pelanggan. Apabila ditengah jalan sepedamu rusak, pemilik sepeda dengan senang hati akan
memperbaiki dan apabila tidak bisa diperbaiki akan pemilik akan menukarnya dengan sepeda
lainnya.

5. Manfaatkan Teman Sebaik-baiknya

Eits yang dimaksud memanfaatkan teman disini bukan untuk morotin temanmu ya. Kampung Inggris adalah tempat sejuta ilmu, banyak sekali ilmu yang bisa kamu peroleh disini. Ilmu dari tempat kursus satu dengan tempat kursus lainnya pasti berbeda.

Kamu bisa manfaatkan temanmu dengan cara berbagi ilmu yang ia peroleh dari tempat kursusnya
dan ilmu yang kamu peroleh dari tempat kursusmu. Kamu bisa melihat catatan dan soal-soal yang ia miliki, begitu juga sebaliknya.

Dengan begini kamu gak harus mendaftar les di tempat itu karena
kamu sudah mendapatkan catatannya dari temanmu. Sharing ilmu dengan teman-temanmu adalah hal yang murah dan mudah tapi memiliki manfaat yang sangat mahal dan berguna. Carilah teman sebanyak-banyaknya dan berbagilah ilmu sebanyak-banyaknya. Kamu juga bisa menyerap ilmu dari tutor turormu juga loh.

Jika ada yang belum kamu paham, langsung tanyakan saja ke tutormu, mereka pasti akan berbagi ilmunya dengan kamu. Selain menghemat biaya kursus, metode ini juga bisa menghemat tenagamu juga loh. Kamu bisa saja belajar saat di camp atau di kosan tanpa harus pergi keluar.

Hemat bukan berarti pelit, dengan berhemat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan salah satunya kamu bisa menyimpan uangmu untuk kamu pakai untuk kebutuhan lainmu yang lebih penting dikemudian hari.

WhatsApp Chat